ActionScript pada flash
A. PENDAHULUANActionScript merupakan bahasa scripting yang terdapat di dalam program Flash. Tujuan penggunaan ActionScript ialah untuk mempermudah pembangunan suatu aplikasi atau animasi. Biasanya semakin kompleks animasi pada Flash, maka akan semakin banyak memakan frame. Dengan ActionScript, penggunaan frame tersebut dapat dikurangi, bahkan dapat membuat animasi yang kompleks hanya dengan satu frame saja (Pranowo, 2011: 11). ActionScript juga merupakan sebuah kumpulan dariaction, function, event, dan event handler yang memungkinkan untuk dikembangkan oleh para developer untuk membuat Flash movie atau animasi yang lebih kompleks dan lebih interaktif. Selain itu ActionScript juga dapat mengubah kebiasaan linier pada Flash. Sebuah ActionScript dapat menghentikan sebuah movie atau animasi di frametertentu lalu berulang ke frame sebelumnya atau frame mana saja tergantung masukan yang diberikan oleh user (Sunyoto, 2010: 9).
Bahasa ActionScript pada Flash hingga saat ini telah mengalami perkembangan dari versi 1, versi 2, dan versi 3. Pranowo (2011: 13-14) menjelaskan bahwa bahasa ActionScript awalnya berasal dari ActionScript 1.0 yang dirilis pertama kali pada tahun 2000 di Macromedia Flash 5 (saat Macromedia belum diakuisisi oleh Adobe) yang merupakan pengembangan dari Action di Macromedia Flash 4 dan masih digunakan hingga Flash MX atau Flash 6. Bahasa scripting ini berisi semua kode dan perintah lainnya yang berbasis web pengembang bahasa, seperti Macromedia Director Lingo dan Sun Java. Namun kecepatan dan kekuatannya sangat pendek.
Pada Macromedia Flash MX 2004 atau yang dikenal juga sebagai Flash 7 dirilis ActionScript 2.0. Versi ini tetap digunakan hingga Macromedia Flash 8. Kelebihan ActionScript 2.0 dibandingkan dengan ActionScript 1.0 ialah memiliki kemampuancompile time checking, strict-typing pada variabel, dan class-based syntax. ActionScript 2.0 juga didasarkan pada ECMA Script yang merupakan standar untuk bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Asosiasi Produsen Komputer Eropa. ECMA Script juga merupakan dasar yang digunakan oleh JavaScript (Pranowo, 2011: 14).
ActionScript 3.0 baru mulai digunakan pada Adobe Flash CS3 atau Flash 9 hingga yang paling terbaru adalah Adobe Flash CS5. ActionScript 3.0 ini merupakan restrukturisasi fundamental dari model pemrograman sebelumnya. Penggunaannya yang luas terutama dalam pengembangan Rich Internet Application (RIA) dengan hadirnya Flex yang menawarkan hal serupa dengan AJAX, JavaFX, dan Microsoft Silverlight. Flex memungkinkan pengembang untuk membangun suatu aplikasi yang membutuhkan Flash Player. Namun Flash juga menawarkan interface yang lebih visual untuk mengembangkan aplikasi sehingga lebih cocok untuk membangun aplikasi game (Pranowo, 2011: 13).
B. FUNGSI DASAR ACTIONSCRIPT
Pada Flash, ActionScript memiliki beberapa fungsi dasar, antara lain (Sunyoto, 2010: 9-10):
1. Animation
Animasi yang sederhana memang tidak membutuhkan ActionScript. Namun untuk animasi yang kompleks, ActionScript akan sangat membantu. Sebagai contoh, animasi bola yang memantul di tanah yang mengikuti hukum fisika akan membutuhkan ratusan frame. Namun dengan menggunakan ActionScript, animasi tersebut dapat dibuat hanya dalam satu frame.
2. Navigasi
Pergerakan animasi pada Flash secara default bergerak ke depan dari satu frame keframe lainnya hingga selesai. Namun dengan ActionScript, jalannya animasi dapat dikontrol untuk berhenti di suatu frame dan berpindah ke sembarang frame sesuai dengan pilihan dari user.
3. User Input
ActionScript dapat digunakan untuk menerima suatu masukan dari user yang kemudian informasi tersebut dikirimkan kepada server untuk diolah. Dengan kemampuan ini, ActionScript dapat digunakan untuk membangun suatu aplikasi webberbasis Flash.
4. Memperoleh Data
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, ActionScript dapat melakukan interaksi dengan server. Dengan demikian kita dapat meng-update informasi lalu menampilkannya kepada user.
5. Kalkulasi
ActionScript dapat melakukan kalkulasi, misalnya seperti yang diterapkan pada aplikasi shoping chart.
6. Grafik
ActionScript dapat mengubah ukuran sebuah grafik, sudut rotasi, warna movie clipdalam movie, serta dapat menduplikasi dan menghapus suatu item dari screen.
7. Mengenali Environment
ActionScript dapat mengambil nilai waktu dari sistem yang digunakan oleh user.
8. Memutar Musik
Selain animasi yang berupaka gerakan, pada program Flash juga dapat diinputkan sebuah musik sehingga animasi yang dihasilkan menjadi lebih menarik. Pada hal ini, ActionScript dapat digunakan untuk mengontrol balance dan volume dari musik tersebut.
C. JENIS-JENIS ACTION SCRIPT
Anggra (2008: 55-57) membagi ActionScript menjadi 3 jenis berdasarkan letaknya. Jenis-jenis ActionScript tersebut ialah:
1. FrameScript
FrameScript merupakan ActionScript yang diletakkan pada frame. FrameScript tidak memiliki aturan tertentu dalam penulisannya. Namun yang perlu diperhatikan ialah penulisan FrameScript ini hanya bisa dilakukan di keyframe atau blank keyframeyang terdapat pada timeline. Ciri-ciri keyframe atau blank keyframe yang telah diberikan ActionScript ialah adanya tanda berupa huruf ‘a‘ kecil.
2. MovieScript
MovieScript merupakan ActionScript yang diletakkan pada movie clip. Aturan penulisan syntax MovieScript ialah sebagai berikut:
onClipEvent(event){
baris statement atau perintah;
}
Ada beberapa jenis event yang dapat digunakan pada MovieScript, antara lain load,enterFrame, unLoad, MouseUp, MouseDown, KeyDown, KeyUp, dan Data.
3. ActionScript pada Button
Selain dapat diletakkan pada frame dan movie clip, ActionScript dapat pula diletakan pada objek button. Aturan penulisan syntax untuk ActionScript pada button ialah sebagai berikut:
on(event){
baris statement atau perintah;
}
Event untuk ActionScript pada button antara lain press, release, rollOver, rollOut,dragOver, dragOut, dan Keypress.
D. KOMPONEN ACTIONSCRIPT
ActionScript seperti halnya bahasa pemrograman yang lain memiliki beberapa komponen penyusun. Pranowo (2011: 59-62) menjelaskan beberapa komponen tersebut antara lain:
1. Komentar
Komentar merupakan bagian program yang tidak akan diproses atau dijalankan oleh compiler. Penulisan komentar selalu didahului oleh tanda 2 buah garis miring (//).
Contoh:
// ini adalah sebuah komentar
2. Identifier
Identifier atau pengenal pada ActionScript bersifat case-sensitive yang berarti membedakan penggunaan huruf besar dan kecil. Selain menggunakan huruf,identifier juga dapat menggunakan angka atau underscore (_).
3. Variabel dan Konstanta
Variabel merupakan nama untuk sebuah lokasi penyimpanan. Variabel harus dideklarasikan dengan menyebutkan nama dan tipe data dari informasi yang akan disimpan. Sedangkan konstanta merupakan identifier yang serupa dengan variabel, namun digunakan untuk menyimpan nilai yang tidak dapat berubah.
Contoh:
var timing:Boolean = false;
4. Tipe Data
Jenis-jenis tipe data pada ActionScript antara lain sebagai berikut:
- Integer: berisi data semua bilangan bulat.
- Array: disebut juga data bertingkat atau data yang mengandung beberapa data lagi di dalamnya dan diindeks berdasarkan data numerik atau string.
- String: digunakan untuk menampung angka atau huruf.
- Boolean: tipe data yang hanya terdiri dari dua kemungkinan nilai, yaitu true(benar) atau false (salah).
- MovieClip: merupakan tipe data yang digunakan untuk mengontrol simbolmovie clip dengan menggunakan method dari MovieClip Class.
- Null: tipe data yang tidak menyimpan suatu data apa pun atau kosong (null).
- Number: dapat mewakili integer maupun bilangan floating point.
- Object: tipe data yang digunakan untuk memberi definisi kepada suatu Objek Class.
- Undefined
- Void
55 komentar:
Pertamax Comment :D
ini punya q mbak...
Addin Mahmud H /XII-D/01
mbak dewi tugas ku sudah selesai :)) *anindita cantik*
M nizar XII 2
gagal pertamax gan!!
Riyo Sri XII 2
Nyosz Is Back...
http://sintarahmadani.blogspot.com/2012/08/tugas-tik-flash.html
mbak dewi itu tadi tugasku.
sinta rahmadani XII-D/34
Mbak dewiiiiiiiiii ;_______;
sudah seleseeeee, tapi jelek -_-
wassalam.
http://maniskecutseger.blogspot.com/ tiara defi almira kelas xii-6
Fransisca Mayasari W XII 2 NO Absen 16 :)
Sudah selesai...
amalia khasanah imadudini XII-2/04
Mbak punyaku tak perbarui ya..
terserah deh nilai yg mana, tapi aku prefer yg kedua ;____;
http://kiibokeboo.blogspot.com/2012/08/iloveyou-tugas-tik-flash.html
Tugas Macromedia Flash
Arga Iswara XII-2
http://argaiswara.blogspot.com
Luchaisyiah warsito XII 2
ini mbak tugasnya~~ suci dwi p./XII-2/31 http://sucidwi501.blogspot.com/2012/08/blog-post_23.html#links
Sudah saya buat mbak dewi
tapi tidak bisa berjalan
http://vebyiqbal.blogspot.com/
Siska Baitul Sofia
XII-6
http://fiasiska.blogspot.com/
Hasna Firas
XII-2
http://hasnafirasisza.blogspot.com/2012/08/tugas-tik.html
mbak tugasnya udah selesai ...
tp blogku baru mabak yg lama lupa emailny. . . hahah :P
http://andrianiw.blogspot.com/
Andriani Wulandari
XII-2
Mbak ini hasilku, maaf mbak berantakan,
Rizka Susanti Masulah XII-2/F/28
http://rizkasusantimasulah.wordpress.com/
ATAU
http://rizkasusantimasulah.wordpress.com/2012/08/07/save-earth/
http://onlyaimanyudarana.blogspot.com/2012/08/tugas-tik-flash.html
aiman yudarana XII-1/27
lupa alamat blignya : http://luchaisyiahwarsito.blogspot.com/ makaciii :D
mbak, ini tugas makro flash medianya..
anisa diah/XII-2/8 http://anisadiah8.blogspot.com/
mbak aku sudah.
http://aurorasribhuana.blogspot.com/2012/08/tugas-tik.html
ninik yusika ratsari nitip tugas
fanida risqia nitip tugas . blog baru ribet pake nya
wuri prahasti nitip tugas . blog baru ribet pake nya .
http://rethaanggasari.blogspot.com/2012/08/animasi-gerak-tugas-tik.html
http://rethaanggasari.blogspot.com/2012/08/nitip-tugas-tik-siti-inayatun-najah-xii.html
siti inayatun najah XII-2 30 nitip tugas :)
Tugas Macromedia Flash MX dari:
Desi Novitasari
XII-6
link nya:
http://akudesi3.blogspot.com/
http://www.yashaisdemons.co.cc/2012/08/the-animation-flash-by-hendra-yasha-xii.html
punya ku mbak, nyolong start (belum dikasih tugas)
Alif Farisyah ,Adrian Leonardn ,Heidy Rossy kelas XII-2 sudah di buku tamu mbak ,salah naruh ,dikumpulin sebelum batas waktu kok mbak
www.aliffarisyah.blogspot.com
www.ochichiko.blogspot.com
www.santos-cladea.blogspot.com
sebelum batas waktu udah dikumpulkan mbak ,cuma salah naruh di buku tamu ,bisa di cek ,hehe maaf mbak ^^v
Dewanto Dwiyogo XII 2
Aditya Wardhana XII 2
aswinsuharsono XII 2
mbak dewi, ini blog ku
Aditya Yudha P. P./XII-C/03
maaf telat
MBAK MAAV TELAT NGIRIM TUGASNYA
MINAL AISZIN WAL FAIDZIN
M Adhan XII-2
mbak dewi tugasnya sdh slesai maaf hehe.. bonifasius vendra / XII-1 / 18.. ini blognya mbak bonifasiusvendra@gmail.com
http://www.blogger.com/blogger.g?blogID=4169961999732375180#editor/target=post;postID=7315803411379283362
irsyad maulana xii2
maav mbak kalo telat :D
mbak ini punya ku
Rio Dwiky Perwira
download disini:
http://www.mediafire.com/?5rqihijbche7blr
Sorry telat maklum
Mbak Dewi tugas flash Indra ,Jerdi ,Ajeng kelas XII-2 nebeng di blogku ,soalnya mereka nggak ada blog mbak
http://baguzzprakoso.blogspot.com/
nama:Bagoes P
kelas:XII-6
absen:02
http://rizqidians.blogspot.com/2012/08/tugas-animasi-flash-rizqi-diansyah-xii6.html
Rizqi Diansyah XII6/31
mbak ini arya tugasku sudah selesai monggo di cek pake pivot mbak
http://arya-android.blogspot.com/
mbak ini tugas ku maaf telat hehehe :D
ivan hambali XII-1/25
http://ivanhambali95.blogspot.com/
ini mbak tugas flash ku :))))))
http://xxxcekolxxx.blogspot.com/2012/08/anamation-flash-by-kiki-hermanto-xii-2.html
maaf saya terlambat mengumpulkan...
Mbak...Ini punyaku...Ekalina Atikasari no absen 10/XII-8
Aku sdh berusaha meskipun cuma berjalan 9 menit mbak TT__TT *tapi framenya banyak*
http://haseoxatoli.blogspot.com/2012/08/tugas-tik-flash.html
Wahaha kok 9 menit seh! YG BETUL 9 DETIK :'''))))
http://abcdear.blogspot.com
astrid denaya lesa XII-1 (14)
maaf telat mbak hehehe
http://daisy-music-desi.blogspot.com/
desi frida p XII-6 (07)
http://fardaaulia.blogspot.com/2012/09/tugas-tik.html
Farda Aulia
XII-1
Silvi XII 1 absen 33
mbak tugas tween motionku sudah
http://afadih.blogspot.com/2012/09/tween-motion.html
Adelia F. D / XII-B / 2
Posting Komentar